Bagaimana Proses Mempengaruhi dapat berlangsung ?


A. Proses mempengaruhi

Segala sesuatu memerlukan proses, termasuk proses untuk mencapai tujuan pribadi maupun kelompok dalam organisasi. Dalam mencapai tujuan organisasi baik pemimpin maupun anggota memiliki tanggung jawab masing-masing. Pemimpin dan anggota berhubungan timbal balik dan kinerjanya akan saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan organisasi. Pengaruh adalah kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Elemen proses mempengaruhi ada 3 yaitu
  1. Orang yang mempengaruhi
  2. Metode yang mempengaruhi
  3. Orang yang dipegaruhi
Pengaruh dapat terjadi antar perorangan artinya seseorang mempengaruhi seseorang yang lainnya, kelompok dengan seseorang dan seseorang dengan kelompok.
Hubungan antara kekuasaan dan pengaruh diantaranya dikemukakan oleh Analisis French-Raven intinya adalah sebagai berikut:
Mereka mendifiniskan kekuasaan berdasarkan pada pengaruh, dan pengaruh berdasarkan pada perubahan psikologis. Pengaruh adalah pengendalian yang dilakukan oleh seseorang dalam organisasi (masyarakat) terhadap orang lain. Konsep penting atas gagasan ini adalah bahwa kekuasaan merupakan pengaruh laten (terpendam) sedangkan pengaruh merupakan kekuasaan dalam kenyataan (yang direalisasikan).

B. proses pengambilan keputusan

Menurut James A.F. Stoner, keputusan adalah pemilihan antara alternatif-alternatif. Definisi ini mengandung tiga pengertian, yaitu :
  1. Manajer harus membuat pilihan atas dasar logika atau pertimbangan.
  2. Manajer menghadapi beberapa alternatif yang harus dipilih salah satu yang terbaik
  3. Manajer mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dan keputusan itu makin mendekati pada tujuan tersebut.
Bderdasarkan dari pendapat James A.F. Stiner, Stephen P. Robbins, dan David R. Hampton dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan keputusan mengandung langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Identifikasi masalah
  2. Mendapatkan dan menganalisa informasi
  3. Menyusun alternatif
  4. Menganalisa dan memilih alternatif terbaik
  5. Melaksanakan keputusan
Menurut opini saya :

Proses mempengaruhi (melobby) juga dibutuhkan dalam berorganisasi. Misalnya, ketika sedang voting untuk meentukan sebuah keputusan, disaat keputusan minoritas belum menerima keputusan mayoritas disaat itulah proses ini dapat digunakan agar semua anggota dalam organisasi menjalankan keputusan itu dengan baik dan tidak terjadi perselisihan.
Pengambilan keputusan ditentukan oleh leader dari organisasi yang sebelumnya bisa di dapatkan dari proses musyawarah untuk mencapai mufakat dan agar para anggota dari organisasi tersebut dapat menjalankan tugas dan wewenangnya secara utuh. Agar mencapai tujuan dari organisasi tersebut maksimal.

Sumber Referensi :
  • Sentanoe Kertonegoro, Manajemen Organisasi,Widya Press, Jakarta
  • Kenneth N. Wexley,Ph.D.,Gary A.Yuki,Ph.D., Perilku Organisasi dan Psikologi Personalia,Rineka Cipta


Komentar